Anggota DPRD Jatim Dorong UMKM di Gresik Ciptakan Produk Lebih Modern dalam Rangka Peresmian tempat Usaha Ke-Dua.

pin up

GRESIK, Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Iwan Zunaih melaunching sentra Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) binaan organisasi Rakyat Pantura Bersatu (RPB) di kawasan wisata kolam renang Ocean Kids, Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Minggu (6/11).

Gus Iwan, demikian sapaan akrab politisi asal Nasdem Gresik tersebut, mendorong para pelaku UMKM semakin memodernisasi bisnis atau usahanya dengan mengoptimalkan digitalisasi tetapi tanpa meninggalkan akar budaya lokal. Tujuannya, agar produk-produk yang dipasarkan semakin menarik dan bisa merambah pasar global.

“Para UMKM harus bisa menciptakan produk yang menarik, baik dari packaging dan cita rasa yang bervariasi agar bisa menjadi daya tarik pembeli,” kata Gus Iwan.

Simak Juga :  8 Tempat Wisata Di Gresik Yang Lagi Banyak Di Minati
para pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas UMKM RPB


Modernisasi produk, lanjut dia, tidak hanya membuat kemasan produk-produk UMKM dengan model biasa-biasa saja lalu dipasarkan secara konvensional. Melainkan juga harus sudah mulai transformasi dengan berbagai produk berbasis teknologi demi meningkatkan daya saing produktivitas secara umum. Termasuk mendukung sektor pariwisata.

“Karena itu harus ada sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta penguatan bagi pelaku UMKM,” terang Anggota Komisi B DPRD Jatim yang salah satunya membidangi perekonomian ini.

Putra pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ihyaul Ulum Dukun sekaligus menantu pengasuh Ponpes Sunan Drajat Paciran Lamongan ini pun mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk lebih giat merangkul para komunitas UMKM dan tempat wisata.

“Dinas terkait baik Dinas koperindag, Disparbud, harus bisa membangun kerjasama dengan komunitas umkm dan tempat wisata guna membantu pemasaran produk UMKM,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua UMKM RPB Khafidl menuturkan, sentra UMKM di kawasan wisata kolam renang Ocean Kids sejatinya sudah berdiri satu tahun lalu. Berdirinya tempat usaha kedua ini diharapkan  dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi sektor UMKM khususnya binaan komunitas RPB.

“Jadi perlu diketahui bahwa UMKM RPB ini sudah kerja nyata membantu dengan membuat tempat usaha, dan melakukan pendampingan proses perijinan, dan sudah ada tempat usaha pertama yang bertempat di Depan pelayanan Kantor Dinas Pencatatan sipil kabupaten Gresik” ucapnya.

Simak Juga :  Silpa APBD Gresik Mencapai Rp 177 Miliar
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com